Langsung ke konten utama

Ini Penyebab Perempuan RI Makin Besar Duduki Posisi Manajemen Perusahaan

Dominasi pria didunia kerja perlahan-lahan mulai luntur dengan tingginya angkatan kerja wanita di semuanya tahap. Bahkan juga saat ini banyak tempat manajemen senior diduduki oleh wanita di perusahaan-perusahaan dari beragam lintas industri. Memperingati Hari Kartini pada Sabtu, 21 April 2018, firma global Grant Thorton melaunching laporan bertopik " Women in Business 2018”. Hasil menariknya, 43 % wanita Indonesia dapat menjangkau tahap manajemen senior di perusahaan.

Ini angka ke-2 teratas didunia, bahkan juga tambah lebih tinggi dari pada rata-rata wanita di lokasi Asia Pasifik yang ada di level 23 %. Hal tersebut berdasar pada hasil survey pada 5. 000 responden level CEO, managing director, eksekutif senior pada 35 negara, termasuk juga Indonesia.

Angka ini tambah baik dibanding dengan negara tetangga yakni Singapura serta Malaysia, yang 22 % serta 21 % perusahaan disana tidak mempunyai wanita di tahap manajemen senior.

Managing Mitra Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani menyebutkan, iklim dunia kerja di Indonesia cukup kondusif untuk mensupport tingginya keberagaman di tempat senior manajemen. Ini peluang besar untuk wanita Indonesia untuk selalu memberi potensi paling baik. Bukan sekedar untuk sendiri, tapi juga untuk efek lebih luas untuk perusahaan tempat wanita berkarya, dan komune ada.

Baca Juga: pengertian manajemen menurut para ahli 

" Keadaan kondusif itu adalah imbas dari kebijakan-kebijakan strategis perusahaan dalam mensupport keberagaman gender di organisasi mereka. Kebijakan terpopuler yang diaplikasikan di Indonesia yaitu berkaitan kesetaraan gaji. Terdaftar 58 % perusahaan-perusahaan Indonesia yang disurvei mengaplikasikan hal itu. Disusul kebijakan beda, seperti tak ada diskriminasi pria-perempuan dalam soal perekrutan karyawan baru, " tutur Johanna dalam info tertulis, seperti ditulis Minggu (22/4/2018). 

Baca Juga: jurnal manajemen keuangan

Laporan ini mengatakan, 40 % responden menyebutkan tidak menjumpai halangan bermakna dalam mengimplementasikan beragam kebijakan strategis, berkaitan kesetaraan gender di perusahaan semasing. Kiat perusahaan untuk mengaplikasikan kesetaraan gender dilandasi kepercayaan tinggi. Hal itu dapat mendorong kemampuan perusahaan, menurut 74 % responden.

Lalu 74 % responden sepakat, aplikasi kebijakan kesetaraan gender jadi kiat mutlak perusahaan di Indonesia untuk menarik kemampuan baru serta melindungi SDM untuk bertahan di organisasi mereka.

Artikel Terkait: jurnal manajemen pemasaran 

Hal semacam ini mengisyaratkan paket remunerasi kompetitif juga tidak dapat jadi amunisi hanya satu untuk memenangkan perang persaingan perebutan kemampuan yang makin intensif.

" Penambahan kesetaraan gender didunia kerja juga baiknya disikapi profesional wanita Indonesia dengan melindungi kelebihan kompetitif semasing, lewat cara selalu meningkatkan karir serta yang terutama dapat berperan positif di industri yang digeluti. Ini searah dengan semangat perjuangan Kartini, " pungkas Johanna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penyebab Pemerintah Didesak Segera Cairkan Anggaran Pemilu

Pemerintah menggodok alokasi anggaran untuk 27 juta pekerja rentan sebagai penerima bantuan iuran (PBI) agar dilindungi jaminan sosial program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm). Untuk tahap awal, pemerintah akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,3 triliun yang diperuntukan bagi 10 persen dari jumlah mereka itu atau sebanyak 2,7 juta pekerja. Hal itu terungkap dalam Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta, Senin 17 Desember 2018, yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan dengan pihak terkait untuk mengkaji kepesertaan 27 juta pekerja rentan dakam rangka menjadi peserta jaminan sosial dengan menggunakan sumber dana lain atau di luar pemberi kerja/pengusaha. FGD diikuti kalangan pemerintah, akademisi, pengusaha dan lainnya. Direktur Pengembangan Strategis & Teknologi Informasi BPJS Ketenagakerjaan Sumarjono mengatakan, kepesertaan pekerja rentan saat ini sangat memprihatinkan. Sebab, upah mereka tidak mencukupi untuk membayar iuran meskipun besarannya secara

Tutorial Memanfaatkan Sabut Kelapa untuk Bahan Cat Tembok

Semakin hari, kebutuhan manusia akan cat semakin bertambah. Mulai dari cat tembok, cat kayu, cat besi hingga cat semprot. Melihat hal tersebut, sekelompok mahasiswa UNY yang terdiri dari Adelia Putri Hestiana Dewi, Anita Rahmawati dan Fakhrizal Naufal dari jurusan Pendidikan Kimia Fakultas MIPA memanfaatkan zeolit alam dan selulosa dari sabut kelapa sebagai bahan pengisi dan perekat pada cat dinding. Baca Juga: warna cat tembok Adelia mengatakan selama ini sabut kelapa pemanfaatannya belum dioptimalkan dengan baik, padahal sabut kelapa bisa menjadikan salah satu produk cat yang ramah lingkungan. • Batik Kibasan Sabut Kelapa dari Bantul Pakai Bahan Pewarna Alami Menurutnya komponen dasar sabut kelapa sendiri terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan lignin, yang mana hal tersebut bisa digunakan sebagai bahan matrik pada komposit zeolite. "Sabut kelapa mengandung serat (fiber) dan gabus (pitch) yang menghubungkan satu serat dengan serat yang lainnya. Sabut kelapa ini terdiri dar

Begini Analisa Pakar ITS Surabaya Soal Ambruknya Atap Galvalum

Ambruknya atap rangka galvalum SDN Gentong I Pasuruan yang menewaskan setidaknya 2 orang dan puluhan lainnya luka menyisakan kesedihan dan kekecewaan mendalam. Pasalnya kejadian itu diduga akibat kesalahan konstruksi bangunan. Ahli Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Ir Mudji Irmawan M.T kepada beritajatim.com mengatakan bahwa hipotesa yang paling mendekati adalah karena kesalahan saat pemasangan awal galvalum. “Memang bisa diperkirakan ada kesalahan saat pemasangan awal. Jadi kesalahan sudah terjadi sejak awal,” katanya kepada beritajatim.com, Rabu (6/11/2019). Baca Juga: harga baja ringan per batang Kemudian ia menerangkan bahwa kejadian runtuhnya konstruksi rangka atap yang menggunakan material galvalum (baja ringan.red) sudah sering terjadi dan mengakibatkan banyak korban. “Mencermati kondisi tersebut, saya sudah sering mengingatkan bahwa bahan material Galvalum memang secara kualitas sudah cukup baik karena diproduksi oleh pabrik yang mempunyai k